PBO2-Class dan Object dalam BlueJ
Tugas 2 PBO A
Kuliah Pemrograman Berbasis Objek hari ini saya belajar mengenai penggunaan object dan class. Lalu mendapatkan tugas untuk membuat class berbagai bangun 2D serta mencari luas dan kelilingnya menggunakan bahasa Java dalam BlueJ.
Nama : Samuel Marcellinus
NRP : 05111740000134
Kelas : PBO A
Source Code untuk main :
Source Code untuk bujursangkar:
Source Code untuk segitiga:
Source Code untuk persegipanjang:
Source Code untuk belahketupat:
Source Code untuk jajargenjang:
Lalu hasil outputnya akan seperti ini:
Kuliah Pemrograman Berbasis Objek hari ini saya belajar mengenai penggunaan object dan class. Lalu mendapatkan tugas untuk membuat class berbagai bangun 2D serta mencari luas dan kelilingnya menggunakan bahasa Java dalam BlueJ.
Nama : Samuel Marcellinus
NRP : 05111740000134
Kelas : PBO A
Source Code untuk main :
class MyMain
{
public static void main()
{
BujurSangkar samuel1;
samuel1=new BujurSangkar();
samuel1.sisi=10;
double luasbujursangkar=samuel1.area();
double kellbujursangkar=samuel1.circumference();
System.out.println("Untuk bujursangkar:");
System.out.println("Sisi="+samuel1.sisi);
System.out.println("Luas="+luasbujursangkar);
System.out.println("Keliling="+kellbujursangkar);
System.out.println("\n");
PersegiPanjang samuel2;
samuel2=new PersegiPanjang();
samuel2.panjang=10;
samuel2.lebar=5;
double luaspersegipanjang=samuel2.area();
double kellpersegipanjang=samuel2.circumference();
System.out.println("Untuk persegi panjang:");
System.out.println("Panjang="+samuel2.panjang);
System.out.println("Lebar="+samuel2.lebar);
System.out.println("Luas="+luaspersegipanjang);
System.out.println("Keliling="+kellpersegipanjang);
System.out.println("\n");
Segitiga samuel3;
samuel3=new Segitiga();
samuel3.alas=5;
samuel3.tinggi=10;
double luassegitiga=samuel3.area();
double kellsegitiga=samuel3.circumference();
System.out.println("Untuk segitiga:");
System.out.println("Alas="+samuel3.alas);
System.out.println("Tinggi="+samuel3.tinggi);
System.out.println("Luas="+luassegitiga);
System.out.println("Keliling="+kellsegitiga);
System.out.println("\n");
BelahKetupat samuel4;
samuel4=new BelahKetupat();
samuel4.diagonal1=6;
samuel4.diagonal2=8;
samuel4.sisi=10;
double luasbelahketupat=samuel4.area();
double kellbelahketupat=samuel4.circumference();
System.out.println("Untuk belahketupat:");
System.out.println("Diagonal 1="+samuel4.diagonal1);
System.out.println("Diagonal 2="+samuel4.diagonal2);
System.out.println("Sisi="+samuel4.sisi);
System.out.println("Luas="+luasbelahketupat);
System.out.println("Keliling="+kellbelahketupat);
System.out.println("\n");
JajarGenjang samuel5;
samuel5=new JajarGenjang();
samuel5.alas=20;
samuel5.tinggi=12;
samuel5.sisimiring=15;
double luasjajargenjang=samuel5.area();
double kelljajargenjang=samuel5.circumference();
System.out.println("Untuk jajargenjang:");
System.out.println("Alas="+samuel5.alas);
System.out.println("Tinggi="+samuel5.tinggi);
System.out.println("Sisi Miring="+samuel5.sisimiring);
System.out.println("Luas="+luasjajargenjang);
System.out.println("Keliling="+kelljajargenjang);
}
}
Source Code untuk bujursangkar:
public class BujurSangkar{
public double sisi;
public double circumference(){
return 4*sisi;
}
public double area(){
return sisi*sisi;
}
}
Source Code untuk segitiga:
public class Segitiga
{
public double alas, tinggi;
public double circumference(){
return 3*alas;
}
public double area(){
return (alas*tinggi)/2;
}
}
Source Code untuk persegipanjang:
public class PersegiPanjang
{
public double panjang, lebar;
public double circumference(){
return 2*panjang+2*lebar;
}
public double area(){
return panjang*lebar;
}
}
Source Code untuk belahketupat:
public class BelahKetupat
{
public double diagonal1, diagonal2;
public double sisi;
public double circumference(){
return 4*sisi;
}
public double area(){
return (diagonal1*diagonal2)/2;
}
}
Source Code untuk jajargenjang:
public class JajarGenjang
{
public double alas, tinggi;
public double sisimiring;
public double circumference(){
return 2*alas+2*sisimiring;
}
public double area(){
return alas*tinggi;
}
}
Lalu hasil outputnya akan seperti ini:
Comments
Post a Comment